Air Sesuatu yang Berharga

Fakta mengenai Air.

Apakah kamu tahu bahwa 97,5% dari sumber air di bumi mengandung garam, dan hanya 2,55 yang berupa air tawar?
– Sumber air tawar sangatlah langka di dunia.
– Dua pertiga bagian dari seluruh air tawar di bumi berada dalam bentuk bongkahan es di daerah kutub, sehingga hanya tersisa sepertiganya untuk digunakan oleh manusia.
– Pertumbuhan penduduk dan perkembangan ekonomi yang pesat memberikan tekanan yang sangat besarpada sumber air tawar kitayang langka dan tekanan it uterus meningkat.
– Sumber air tawar terus berkurang karena polusi hasil dari pembuangan kotoran domestik, limbah industri, limbah padat, dan aliran pertanian ke sungai-sungai dan danau kita.
– Suhu tinggi disebabkan oleh perubahan iklim dan curah hujan yang berlebihan akan memperburuk kelangkaan air.
– Hampir 70 persen dari tubuh kita adalah air.
– Jadi tergantung pada diri kita masing-masinguntuk melindungi sumber yang sangat berharga ini. Hal ini sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup kita.

Pastikan penggunaan air secara efektif di toilet.
– Pemeriksaan pertama: keran yang bocor dan air toilet yang mengalir membuang air yang berharga. Memperbaiki kebocoran dapat menghemat air lebih dari 1000 liter per bulan.
– Toilet model lama menggunakan 10 hingga 15 liter air untuk membilas. Ini terlalu berlebihan untuk membilas air seni atau tinja dalam jumlah kecil. Sekarang tersedia toilet hemat air yang menggunakan hanya sekitar 6 liter air untuk membilas. Ada juga toilet dua pembilas dengan pilihan 3 liter dan 6 liter.
– Langkah berikutnya: mengganti toilet model lama dengan toilet yang hemat aIr.
– Apabila menggunakan jenis toiletnya yang tidak memiliki sistem pembilas, anda hanya perlu menggunakan setengah ember air atau bahkan kurang dari itu, jika untuk anak kecil.

Menyikat gigi anda.
– Tutup keran air anda menyikat gigi

Si pencukur (shavers) perlu menjadi si penghemat.
– Saat mencukur, gunakanlah satu baskom air; jangan biarkan airnya mengalir saat anda sedang mencukur. Ini akan menghemat 1300 liter air tiap bulannya.
– Bila tidak tersedia baskom, buka dan tutuplah keran air untuk membersihkan alat pencukur atau sikap pencukur setiap anda membutuhkannya.

Mandi yang bersih hanya dengan satu ember air!
– Jangan biarkan air shower mengalir pada saat anda membilas badan anda dengan sabun.
– Mandilah lebih cepat, misalnya 3 sampai 5 menit dan bukan 15 menit. Setiap menit di shower menghabiskan 25 liter air yang berharga.
– Hindari mandi menggunakan bak mandi: karena hanya menghabiskan lebih banyak air.
– Mandikanlah anak-anak anda yang masih kecil secar bersamaan.
– Pada saat mencuci tangan, wajah, dan rambut, jangan biarkan air tetap mengalir pada saat anda menggosok sabun.
– Hindari mandi menggunakan air keran yang mengalir. Lebih baik jika menggunakan satu ember air yang membuat badan anda bersih.
Mencuci pakaian.
– Saat mencuci pakaian menggunakan tangan, matikanlah penggunaan air saat pakaian sedang disabuni.
– Bilaslah pakaian di dalam ember daripada di bawah air keran yang mengalir. Pergunakan kembali sebanyak mungkin air yang digunakan untuk mencuci.
– Belilah mesin cuci yang hemat air.
– Pergunakan mesin cuci saat pakaian kotor sudah banyak untuk menghemat air.

Saat mencuci peralatan rumah tangga.
– Jangan biarkan air keran mengalir pada saat cucian piring sedang disabuni.
– Belajarlah menggunakan keran air setengah terbuka, saat cucian piring sedang dibilas.
– Jangan gunakan sabun pembersih yang terlalu banyak: semakin banyak jumlah sabun, semakin banyak pula air yang digunakan untuk membilas.
– Rendam panic dan penggorengan dalam air daripada membiarkan airnya mengalir pada saat anda menggosoknya hingga bersih.
Saat mencuci sayuran.
– Cucilah sayuran didalam bak cuci yang disumbat atau di dalam mangkok yang diisi air daripada mencucinya dengan menggunakan air keran yang mengalir.
– Jangan mencuci bahan makanan berulang kali; cucilah hanya sebelum anda memasak.
– Ajarkanlah anak-anak untuk mematikan air dengan benar setelah digunakan.

Saat menyirami rerumputan dan bunga-bunga dalam pot
– Memang sangat disayangkan bila menggunakan air bersih untuk menyirami tanaman. Hal yang terbaik adalah menggunakan air bekas pakai dari dapur atau dari tangki penampung air hujan.
– Siramlah rumput dan tanaman di pagi hari atau malam hari; penguapannya lebih sedikit dan tanaman mendapat keuntungan yang lenih lama.
– Janganlah membanjiri rumput,bunga-bunga di dalam pot, dan taman. Gunakanlah air secukupnya.
– Taman public dan taman di kumpulan perumahan diharapkan dapat disiram dengan air bekas pakai.

Saat memandikan hewan peliharaan dan binatang.
– Secara umum hewan tidak perlu dimandikan terlalu sering. Sekali dalam dua bulan sudah lebih dari cukup. Gunakanlah air dengan hemat.
– Mandikanlah hewan peliharaan anda di halaman rumput; anda akan membersihkannya dan menyirami halaman rumput secara bersamaan.
– Para pemilik sapi dan kerbau dapat mengurangi penggunaan air tawar untuk membersihkan dan memandikan; gunakanlah air bekas pakai untuk membersihkan kandang hewan.

Saat mobil dan sepeda motor dibersihkan.
– Hindari penggunaan air tawar yang berlebihan untuk mencuci kendaraan.
– Air bekas pakai dapat digunakan untuk mencuci kendaraan. Gunakanlah air hujan yang telah ditampung di tangki untuk pemakaian seperti itu. Untuk mencuci kendaraan selang air tidak perlu dipakai, dua ember saja sudah cukup.
– Cucilah kendaraan 3 hari sekali. Kenapa harus setiap hari.
Saat mengisi dan membersihkan tangki penyimpanan air.
– Pasanglah alat sederhana di dalam tangki untuk mematikan aliran air secara otomatis. Jangan biarkan air tawarnya meluap. Hal itu sangatlah merugikan.
– Membersihkan tangki secara rutin perlu dilakukan, tanpa harus membuang air secara berlebihan.
Tampunglah air hujan.
– Di rumah-rumah, sekolah-sekolah, taman dan tempat umum, bangunlah tangki penyimpanan (di atas tanah, di tempat tinggi, ataupun dibawah tanah) untuk menampung air hujan agar dapat digunakan untuk berkebun, mencuci, dan pemakaian lain di dalam rumah.
Sungai, Danau, Kolam, Tangki dan sumber air.
– Hindari membuang limbah atau sampah ke dalam badan air kita; benda dari plastik membuat mereka tersumbat dan bahan-bahan kimia dapat membuat mereka tercemar.
– Sampah dan limbah juga dapat mencemari sumber air bawah tanah.
– Gunakanlah hanya sedikit bahan-bahan dari plastik; lebih baik menggunakan lebih banyak tas yang ramah lingkungan (seperti dari bahan kain atau goni) yang dapat dipakai ulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »